MAKALAH
MEDIA
PEMBELAJARAN
BERBASIS WEB BLOG
PENDAHULUAN
- Latar belakang masalah
Perkembangan Teknologi Informasi (TI)
beberapa tahun belakangan ini berkembang dengan kecepatan yang cukup
tinggi, sehingga perkembangan ini telah mengubah paradigma masyarakat
dalam mencari dan mendapatkan informasi, yang tidak lagi terbatas
pada informasi surat kabar, audio visual elektronik, tetapi juga
sumber-sumber informasi lainnya seperti melalui jaringan internet.
Salah satu bidang yang mendapatkan
dampak cukup berarti dari perkembangan (TI) ini adalah bidang
pendidikan, dimana pada dasarnya pendidikan merupakan suatu proses
komunikasi dan informasi dari pendidik kepada peserta didik yang
berisi informasi-informasi pendidikan yang memiliki unsur-unsur:
1. Pendidik
sebagai salah satu sumber informasi
2. Media
sebagai sarana penyajian ide
3. Gagasan
dan materi pendidikan serta
4. Peserta
didik itu sendiri.
Perkembangan TI dan penerapannya
dalam pendidikan menjadi wacana yang berkembang saat ini. Integrasi
teknologi informasi kedalam pendidikan salah satunya dalam bentuk
Pembelajaran Berbasis Web (PBW). Terdapat berbagai keunggulan
penerapan PBW disamping beberapa catatan kelemahannya bila
dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
Terkait dengan masalah tersebut,
sudah seharusnya guru zaman sekarang ini mulai memanfaatkan internet
sebagai sumber belajar. Dengan pembelajaran seperti ini diharapkan
pengetahuan guru maupun siswa akan berkembang. Selain itu guru maupun
siswa juga akan terbiasa mengoperasikan perangkat komputer tersebut,
sehingga tidak ada lagi istilah guru gaptek (Gagap Teknologi) maupun
siswa gaptek.
- Rumusan masalah
- Bagaimana pengertian media pembelajaran?
- Bagaimana cara pembuatan web-blog?
- Bagaiamana manfaat media pembelajaran berbasis webblog?
- Bagaimana kelebihan dan kekurangan media pembelajaran berbasis webblog?
- Bagaimana implementasi media pembelajaran berbasis web blog dalam pendidikan?
PEMBAHASAN
- Pengertian Media Pembelajaran Webblog
Kata media berasal dari bahasa Latin
dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah dapat
diartikan sebagai perantara atau pengantar.1
Menurut Gerlach secara umum media itu meliputi orang, bahan,
peralatan atau kegiatan yang menciptakan kondisi yang memungkinkan
siswa memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Jadi, dalam
pengertian ini media bukan hanya alat perantara seperti tv, radio,
slide, bahan cetakan, akan tetapi meliputi orang atau manusia
sebagai sumber belajar atau juga berupa kegiatan semacam diskusi,
seminar, karyawisata, simulasi, dan lain sebagainya yang dikondisikan
untuk menambah pengetahuan dan wawasan, mengubah sikap siswa atau
menambah keterampilan.2
Dapat disimpulkan bahwa media adalah alat bantu apa saja yang dapat
dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai tujuan pengajaran.3
Rossi dan Briedle (1996),
mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah seluruh alat dan bahan
yang dapat dipakai untuk tujuan pendidikan, seperti radio, televisi,
buku, koran, majalah, dan sebagainya. Menurut Rossi, alat-alat
semacam radio dan televisi kalau digunakan dan diprogram untuk
pendidikan, maka merupakan media pembelajaran.4
Pembelajaran berbasis web merupakan
suatu kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan media situs (website)
yang bisa diakses melalui jaringan internet. Pembelajaran berbasis
web atau yang dikenal juga dengan “web
based learning” merupakan
salah satu jenis penerapan dari pembelajaran elektronik (e-learning).
Blog, secara bahasa merupakan
kependekan dari webblog.
Webblog sendiri
kependekan dari “logging
the web”. Asal
usul dari istilah “logging
the web” adalah
memasuki web dan menuliskan “simpulan link-link yang menarik”.
Dan memberikan pendapat tentang link dijurnal online-nya.
Banyak yang mengatakan bahwa blog merupakan diari pribadi (personal
diary) yang biasa
diakses secara online
di internet.
Namun saat ini blog dapat dijadikan seperti layaknya sebuah website,
dan dapat engisi blog dengan berbagai informasi berupa penjelasan
suatu hal, promosi produk,dan sebagainya.
Saat ini terdapat
beberapa pilihan layanan blog yang dapat digunakan untuk membuat
situs seperti:
Blogger
www.blogger.com dari perusahaan
google,
Wordpress
www.wordpress.com,Multiply
www.multiply.com dsb.5
Seiring perkembangan teknologi yang
begitu cepat, website juga mengalami perkembangan yang sangat
berarti.6
Dalam pengelompokan jenis website lebih diarahkan sifatnya. Adapun
website sifatnya adalah :
- Website dinamis merupakan website yang menyediakan content atau isi yang berubah-ubah setiap saat.
- Website statis merupakan website yang kontennya sangat jarang di ubah.
Selain disebut di atas ada juga
website e-goverment, e-banking, e-payment, dan lain sebagainya.7
- Langkah-Langkah Membuat Webblog
- Registrasi blog menggunakan situs wordpress, dengan urutan sebagai berikut:
- Aktifkanlah di dalam formulir pembuatan situs wordpress pada URL http://.wordpress.com/sigup/
- Isikan formulir yang ada dengan data diri Anda sang pemilik akun atau situs. Pastikan pada pilihan opsi “Berikan aku blog!” telah anda pilih.
Klik tombol
“Berikutnya”
untuk melanjutkan pengisian formulir pendaftaran ini.
- Lembar berikutnya, anda diminta untuk menentukan nama atau alamat situs wordpress ini. Berikan nama situs yang unik namun mudah dihafal dan diingat. Klik “signup” untuk mulai membuat situs anda tersebut ke dalam server wordpress.com.
- Langkah berikut, kepada anda akan dikirimkan sebuah email konfirmasi dari wordpress untuk mengaktifkan situs wordpress yang baru anda buat tersebut. Sambil menunggu email dari wordpress, anda dapat melengkapi profil dengan mengisi formulir yang disediakan.
- Setelah beberapa saat atau tepatnya kurang dari 30 menit, anda dapat login ke dalam id email yang anda gunakan dalam pendaftaran wordpress tersebut. Kemudia periksalah kotak masuk dari id email anda, dan klik leink yang diberikan untuk mengaktifkan blog baru anda.
- Di dalam wordpress password yang dapat anda gunakan untuk login ke dalam wordpress tersebut secara otomatis ditentukan oleh wordpress. Bila anda tidak segera mendapatkan informasi, user name dan password dari wordpress, maka anda dapat memintanya secara paksa dengan klik “Reset Your Password” pada jendela konfirmasi Your Account is No Active!.
- Masukkan alamat email anda dan tunggu beberapa saat, wordpress akan mengirimkan sebuah email yang berisi user dan password anda.8
- Manfaat Media Pembelajaran Berbasis Web
Kruse dalam salah
satu tulisannya yang berjudul “using
the web for learning” yang
dimuat dalam situs www.elearningguru.com
mengemukakan
bahwa pembelajaran berbasis web sering kali memiliki manfaat yang
banyak bagi peserta didik. Bila dirancang dengan baik dan tepat, maka
pembelajaran berbasis web bisa menjadi pembelajaran yang
menyenangkan, memiliki unsur interaktivitas yang tinggi, menyebabkan
peserta didik mengingat lebih banyak matrei pembelajaran, serta
mengurangi biaya operasional yang biasanya dikeluarkan oleh peserta
didik untuk mengikuti pembelajaran (contohnya uang jajan/ uang
transportasi sekolah).9
- Kelebihan dan Kekurangan Media Pembelajaran Berbasis Webblog
- Kelebihan Pembelajaran Berbasis Webblog
- Memungkinkan setiap orang, dimana pun, kapan pun, untuk mempelajari apapun.
- Pembelajar dapat belajar sesuai dengan karakteristik dan langkahnya dirinya sendiri karena pembelajaran berbasis web membuat pembelajaran menjadi bersifat individual.
- Kemampuan untuk membuat tautan (link) sehingga pembelajar dapat mengakses informasi dari berbagai sumber, baik di dalam maupun luar lingkungan belajar.
- Sangat potensial sebagai sumber belajar bagi pembelajar yang tidak memiliki cukup waktu untuk belajar.
- Dapat mendorong pembelajar untuk lebih aktif dan mandiri di dalam belajar.
- Menyediakan sumber belajar tambahan yang dapat digunakan untuk memperkaya materi pembelajaran.
- Menyediakan mesin pencari yang dapat digunakan untuk mencari informasi yang mereka butuhkan.
- Isi dari materi pembelajaran dapat di-update dengan mudah.
Sedangkan menurut
Rusman, ada lima kelebihan pembelajaran berbasis webblog:
- Akses tersedia kapan pun, di mana pun, di seluruh dunia.
- Biaya operasional setiap siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran menjadi lebih terjangkau.
- Pengawasan terhadap perkembangan siswa jadi lebih mudah.
- Rancangan pembelajaran berbasis web memungkinkan dilakukannya kegiatan pembelajaran yang sudah terpersonalisasi.
- Materi pembelajaran bisa diperbaharui secara lebih mudah.
- Kekurangan Pembelajaran Berbasis Web
- Keberhasilan pembelajaran berbasis web bergantung pada kemandirian dan motivasi belajar
- Akses untuk mengikuti pembelajaran dengan menggunakan web seringkali menjadi masalah bagi pembelajar.
- Pembelajar dapat cepat maerasa bosan dan jenuh jika mereka tidak dapat mengakses informasi, dikarenakan tidak terdapatnya peralatan yang mamadai
- Dibutuhkannya panduan bagi pembelajar untuk mencari informasi yang eleven, karena informasi yang terdapat didalam web sangat beragam.
- Dengan menggunakan pembelajaran berbasis web, pembelajar terkadang merasa terisolasi, terutama jika terdapat keterbatasan dalam fasilitas komunikasi.
Sedangkan menurut
Rusman kelemahan pembelajaran berbasis web diuraikan sebagai berikut.
Sepereti yang
telah disebutkan secara singkat di atas, satu kelemahan terbesar dari
pembelajaran berbasis web adalah amat kurangnya interaksi langsung
antara guru dengan siswa maupun antara siswa dengan siswa.10
- Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Web-Blog dalam Pendidikan
Implementasi
webblog dalam pendidikan dapat dilihat dalam proses kegiatan belajara
mengajar. Kemudahan yang didapat dengan implementasi web blog adalah
sebagai berikut:
- Tidak dibatasi oleh jarak dan waktu, artinya peserta didik dapat melihat materi yang diberikan oleh pendidik (guru dan dosen) setiap saat, dan waktunya bisa dimana saja (syaratnya computer harus online internet).
- Interaksi pendidik dan peserta didik dapat lebih leluasa karena peserta didik tidak merasa takut untuk bertanya dan mengungkapkan pendapatnya.
- Materi yang disajikan di weblog selalu up to date karena adanya dorongan untuk mencari referensi yang ada di internet sambil akses weblog.11
PENUTUP
Kesimpulan
Pembelajaran berbasis web yang
populer dengan sebutan web based training (WET) atau disebut juga web
based education (WBE) didefinisikan sebagai aplikasi teknologi web
dalam dunia pembelajaran untuk sebuah proses pendidikan. Media
pembelajaran berbasis web merupakan alat bantu apa saja yang dapat
dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai tujuan pengajaran
dalam hal ini penerapan aplikasi teknologi web dalam dunia
pendidikan.
Adapun manfaat dari media
pembelajaran berbasis webblog bila dirancang dengan baik dan tepat,
maka bisa menjadi pembelajaran yang menyenangkan, memiliki unsur
interaktivitas yang tinggi, menyebabkan peserta didik mengingat lebih
banyak matrei pembelajaran, serta mengurangi biaya operasional
sekolah.
DAFTAR PUSTAKA
Djamarah, Syaiful Bahri.2006.
Strategi Belajar
Mengajar. Jakarta:
PT. Rieneka Cipta.
MADCOMS.2010,.Menggenggamdengan
Internet.Yogyakarta:
CV. ANDI OFFSET.
Mukhtar dan Iskandar.
2012. Desain
Pembelajaran Berbasis TIK.
Jakarta: Referensi.
Riyanto
dan Lantip
Diat
Prasojo.
2011. Teknologi
Informasi
Pendidikan.
Yogyakarta:
Penerbit Gava
Media.
Rusman dkk. 2013. Pembelajaran
Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Jakarta
: Rajawali Pers.
Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan
& Desain Sistem Pembelajaran.
Jakarta: Kencana.
Yuhefizar. 2009. Cara
Mudah Membangun Website Interaktif Menggunakan Content Management
System Jomla CMS.
Jakarta: PT Gramedia.
1
Zaenal Mustakim, Strategi Dan Metode Pembelajaran,
(Pekalongan: STAIN Pekalongan Press, 2011) hal.149
2
Wina Sanjaya, Perencanaan
& Desain Sistem Pembelajaran,
(Jakarta: Kencana, 2008), hlm 204-205
3
Syaiful Bahri Djamarah, Strategi
Belajar Mengajar,
(Jakarta: PT. Rieneka Cipta, 2006), hlm 120-121
4
Wina Sanjaya, Op.Cit,,,,,,Hlm
204
5
Lantip Diat Prasojo dan
Riyanto, Teknologi
Informasi Pendidikan, (Yogyakarta:
Penerbit Gava Media, 2011), Hlm
201-202
6
Mukhtar dan Iskandar, Desain
Pembelajaran Berbasis TIK
(Jakarta:Referensi,2012) Hal.18
7
Yuhefizar, Cara Mudah Membangun Website
Interaktif Menggunakan Content Management System Jomla
CMS(Jakarta:PT Gramedia, 2009) Hal.2
8
MADCOMS, Menggenggam
dengan Internet, (Yogyakarta:
CV. ANDI OFFSET, 2010), hlm. 157-159.
9
Rusman dkk, Pembelajaran Berbasis
Teknologi Informasi dan Komunikasi, (Jakarta
: Rajawali Pers, 2013), Hlm 266
10
Ibid.,
hlm. 271-275.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar